Ini Dia Tips Riding Saat Berpuasa Ala Yamaha

Assalamualaikum sobat anangcozz.com – Umat muslim menyambut bulan Ramadhan tahun ini yang dijalani dengan ibadah dan berpuasa sebulan lamanya. Dalam menjalani puasa, aktivitas lainnya juga tetap dilakukan termasuk berkendara sepeda motor. Untuk itu, Yamaha Riding Academy memberikan beberapa tips yang dapat diterapkan ketika menggunakan sepeda motor saat berpuasa.

Hal ini perlu diperhatikan terutama di awal bulan puasa karena tubuh manusia mengalami proses adaptasi, lalu dibutuhkan fisik yang bugar dan konsentrasi di jalanan. Apalagi buat mereka yang menempuh perjalanan dengan menggunakan sepeda motor.

Berikut beberapa tips berkendara saat puasa

1. Persiapkan makanan ringan untuk berbuka di jalan jika tiba waktunya berbuka namun pengendara motor masih berada di jalan menuju tempat tinggal.

2. Saat berkendara jarak jauh, jika fisik mulai lelah sebaiknya istirahat dahulu di area yang nyaman.

3. Di awal puasa biasanya jalan lebih padat di sore hari menjelang waktu buka puasa, jadi tetap jaga konsentrasi dan jaga jarak aman.

4. Saat pulang dari aktivitas pekerjaan, disarankan pengendara sudah bisa menentukan area untuk berhenti jika mengharuskan berbuka di jalan.

5. Hindari berkendara dengan terburu-buru saat berkendara mengejar waktu berbuka di rumah.

6. Waspada jika melewati area yang ramai saat menjelang buka puasa (area dimana banyak orang mencari makanan untuk berbuka).

7. Saat tiba waktu untuk berbuka namun masih di perjalanan, harus tetap berhati-hati mencari tempat untuk berhenti. Jangan parkir di tepi jalan untuk menghindari tertabrak pengendara lain karena kondisi jalan yang ramai.

8. Selalu menerapkan safety riding dalam berkendara, antara lain:

  • Gunakan safety gear seperti helm dengan visor, gunakan sepatu yamg nyaman untuk perlindungan kaki, jaket dan sarung tangan.
  • Jaga jarak aman dengan kendaraan sekitar, disarankan memakai perlengkapan berkendara berwarna terang agar mudah terlihat oleh pengendara lain sehingga ikut mendukung keselamatan berkendara.

9. Kondisi ban baik dan memiliki tekanan angin standar agar tidak mudah selip ; saringan udara, cvt area tidak terbuka agar motor tidak mudah mogok atau rusak ; kondisi rem baik / pakem, dan

10. Menerapkan aturan protokol kesehatan, seperti:

  • Jaga fisik agar mendukung imunitas tubuh.
  • Gunakan safety gear yang tepat dan bersih, tidak bertukar dengan orang lain.
  • Membawa dan menggunakan masker, hand sanitizer, sabun cuci tangan.
  • Jaga jarak saat bertemu orang lain, misalnya ketika membeli makanan dan minuman saat buka puasa di perjalanan.

“PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing mengucapkan selamat menjalani ibadah puasa, semoga selalu diberikan kelancaran dan dipenuhi berkah melimpah di bulan Ramadhan ini. Tetap jaga kesehatan dan selalu safety riding saat mengendarai sepeda motor, serta jalankan protokol kesehatan demi kepentingan kita bersama. Yamaha Riding Academy memberikan beberapa tips yang dapat digunakan khususnya oleh pengendara sepeda motor di bulan puasa ini,” papar Bapak Antonius Widiantoro, Manager Public Relations, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Itulah beberapa tips berkendara sepeda motor saat puasa ala instruktur YRA. Semoga bermanfaat dan terus lancar ibadah dan aktivitasnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*