Teknik Menggunakan Engine Brake Pada Motor Matik

Assalamualaikum sobat anangcozz.com – Motor Matik memiliki kelebihan cara pengoperasian yang lebih simpel di bandingkan motor cub atau sport. Namun demikian, ada beberapa sisi kelemahan yang ada pada motor matik, terutama pada teknik mengurangi kecepatan menggunakan engine brake.

Sebenarnya ini bukan kelemahan sih, tapi lebih ke cara aja atau teknik menggunakan engine brake. Bagi yang paham soal teknik engine brake pada Matik, tentunya tidak ada masalah. Tapi kalau belum tahu, wajib baca dulu nih bagaimana tekniknya berikut ini.

Engine Brake merupakan teknik memperlambat kecepatan motor dengan cara mengandalkan putaran mesin ketika transmisi di turunkan ke gigi yang lebih rendah. Teknik engine brake pada jenis motor itu berbeda beda tergantung jenis motornya. Untuk motor manual dan semi automatic cukup dengan menurunkan putaran gas dan gigi perseneling secara perlahan.

Sementara untuk motor automatic, harus dibantu rem dan menutup gas. Saat jalan menurun, sobat bisa langsung menutup “sebagian” gas. Tujuannya agar kendaran melambat dan tidak terjadi freewheel. Ini penting untuk di ketahui sob, karena resikonya besar jika freewheel di jalan yang menurun. Bisa terjadi rem blong dan sebagainya karena tidak ada bantuan engine brake untuk memperlambat kecepatan motor.

Itulah tips ringan seputar engine brake di motor matik. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *