Baru Pertama Kali Ngetes CBR250RR QS Di Sirkuit Gelora Bung Tomo Surabaya, Mantull!

CBR Track Day kembali digelar oleh MPM Honda Jatim. Bertempat di Sirkuit Gelora Bung Tomo, saya berkesempatan menggeber Honda CBR250RR Quick Shifter terbaru di lintasan sirkuit langsung.

Assalamualaikum sobat anangcozz.com – PT. Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda Jatim) mendukung ajang komunitas pecinta CBR dalam merasakan konsep Total Control sebagai DNA CBR pada gelaran CBR Track Day di di Sirkuit Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya (07/11).

Menariknya dalam acara Track Day kali ini, tidak hanya komunitas saja, ada “riding experience” khusus blogger untuk menjajal langsung motor sport Honda di sirkuit. Ada dua motor yang di sediakan oleh MPM yakni CBR150R dan CBR250RR QS. Karena cuma dua unit, maka kita gantian dengan blogger lainnya sob.

Sebelum turun ke lintasan, terlebih dahulu saya diberikan sedikit arahan tentang karakter sirkuit ini oleh Fendrik Alam, Instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim dan juga seorang pembalap.

Tidak lupa, sebelum turun ke lintasan, kita memakai Riding Gear lengkap untuk safety. Di sesi kedua kali ini, saya  menggunakan CBR250RR Quick Shifter sob – Varian tertinggi dari CBR250RR yang sudah di bekali Quick Shifter.

Putaran pertama dan kedua lebih ke adaptasi dulu dengan riding style motor dan juga mengenali karakter sirkuit. Apalagi di sesi pertama, saya menggunakan CBR150R yang notabene performanya beda jauh dari CBR250RR. Makanya, pas di awal awal lap, masih sering melebar di tikungan, hehe.

Sirkuit ini tidak begitu panjang dan luas, sehingga kalau untuk motor 250cc keatas sebenarnya kurang pas. Namun untuk pemula seperti saya, saya rasa sudah sangat mantab banget ya. Kombinasi straight, hard brake dan fast corner nya sangat menantang.

Memasuki putaran ketiga dan seterusnya mulai menemukan ritme dan karakter motornya sob, sehingga lebih berani untuk memutar gas lebih dalam. Gaya ridingnya yang sangat sporty di tambah dengan setang underyoke, sangat mantab sekali saat diajak bermanuver.

Sayang sekali ada kesalahan saat memasuki T1, dimana saya menurunkan gigi dari 5 ke 3. Padahal yang bagus itu pake gigi 4 di T1. Kemudian di T2 turun lagi ke gigi 3 hingga dua tikungan di depan sebelum fast corner.

Ban yang kita pakai adalah standar, begitu juga mesinnya. Semua standar Ting Ting tanpa ubahan apapun. Namun begitu, tenaganya sangat powerfull apalagi di trek lurusnya. Fitur Quick Shifter saya set untuk Up saja, sehingga pas menaikkan gigi perseneling kita tanpa menarik tuas kopling. Ini sangat membantu sekali ketika motor berakselerasi untuk meraih power maksimalnya. Di saat cornering pun, ergonominya sangat sporty dan aerodinamis, memudahkan saya untuk melibas tikungan di trek ini.

Fitur yang sangat penting juga di CBR1250RR ini adalah adanya Assist Dan Slipper Clutch. Assist untuk tarikan kopling lebih ringan dan Slipper Clutch mengurangi efek berlebih saat engine brake. Dan ini sangat bermanfaat ketika kita akan melakukan hard brake sebelum tikungan pertama. Efek engine brake ketika menurunkan perseneling lebih mulus tanpa slip ban belakang.

Selengkapnya silahkan simak videonya berikut sob, https://youtu.be/z-ua3OEiDds

CBR Track Day digelar bertujuan untuk memberi wawasan kepada bikers  seputar mengendarai Honda CBR dengan konsep fun race yang tetap mengutamakan keselamatan berkendara di track dan dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *