Tips Mengecek Kelayakan Busi Motor, Cekidot!

Kondisi busi harus diperhatikan agar pembakaran yang diciptakan terjadi dengan baik. Lakukan perawatan busi motor agar performa mesin kendaraan tetap terjaga. Berikut tips nya sob.

Assalamualaikum sobat anangcozz.com – Busi merupakan salah satu komponen paling penting dari sepeda motor. Kondisi busi juga mempengaruhi dari performa motor tersebut. Peran busi sendiri menciptakan percikan api di ruang bakar. 

Sering kali pengendara mengabaikan perawatan busi motor hingga akhirnya mempengaruhi performa mesin kendaraan. PT. Surya Timur Sakti Jatim atau Yamaha STSJ mengajak pengendara agar rajin melakukan pengecekan busi motor  minimal setelah 10.000 km atau sesuai dengan kondisi kendaraan masing-masing.

“Beberapa hal yang bisa mempengaruhi performa dari busi motor itu seperti terkena kotoran, debu, atau karena umur busi yang sudah lama sehingga menimbulkan kerak. Kondisi busi harus diperhatikan agar pembakaran yang diciptakan terjadi dengan baik,” Ujar Amin selaku GM Service Yamaha STSJ.

Penempatan busi setiap motor berbeda-beda, tergantung dengan jenis motornya. Konsumen dapat melakukan pengecekan busi dirumah dengan membutuhkan alat kaca pembesar, kunci standar untuk membuka compartment, dan kunci busi yang sesuai dengan kendaraan masing-masing. 

Jika busi perlu dibersihkan, pastikan tidak menggunakan berbahan dasar kasar seperti amplas, dan sikat kawat. Dalam jangka waktu pemakaian normal, busi akan menunjukan tanda-tanda pergerakan. Segera ganti busi motor konsumen dengan busi yang baru. 

Konsumen juga dapat memanfaatkan layanan Service Kunjung Yamaha (SKY), teknisi Yamaha akan langsung membantu konsumen melakukan pengecekan dan penggantian busi. Bagi konsumen yang ingin menggunakan layanan SKY dapat menghubungi 08228 – 7777 – 898.

Informasi lebih lanjut dapat dilihat melalui instagram resmi @Yamahafriends. Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*