Penampakan V-Belt Honda Genio Setelah 23.000 Km

Assalamu’alaikum sobat, bicara soal kepraktisan dalam pengoperasian dan nilai fungsionalnya, jelas sepeda motor jenis skutik masih yang terbaik. Namun demikian, jika kita memiliki motor matik, harus perhatian soal perawatan part penggerak motor atau V-Belt. Part inilah yang berfungsi atau bekerja meneruskan putaran mesin sampai ke roda belakang.

Jika V-belt putus, bisa dipastikan skutik hanya akan diam di tempat meski mesin motor hidup. Atau kasus yang lebih parah lagi roda belakang bisa terkunci karena lilitan benang v-belt nya di pully gardan, tapi ini jarang terjadi.

Nah, kebetulan kemarin si Genio saya sudah waktunya Service karena sudah mulai terasa kasar mesinnya. Odometernya sudah menunjukkan angka ± 22.000 km, terakhir kali service di km 10.000 an. Cukup lama gak di service sob, cuma oli mesin dan gardan selalu rutin 3000-4000 km dan 8.000km untuk oli gardan.

Ketika bongkar cvt dan pengecekan V-Belt, ternyata seperti ini sob penampakannya. Sudah mulai ada retakan di sela gigi V-Belt. Ya, meskipun masih bisa di gunakan tapi cukup beresiko apalagi jika untuk muatan berat atau di tanjakan karena sudah retak2.

Kalau melihat petunjuk di buku panduan, usia Vbelt ini memang di angka 24.000km. Tapi angka ini fleksibel, bisa lebih atau kurang tergantung pemakaian. Dan yang terpenting, ketika sudah melihat tanda2 retak, kayaknya mesti segera dilakukan penggantian sob 🙂

Setidaknya terdapat 3 tanda pada skutik Honda bahwa V-belt waktunya diganti diantaranya :

1. Skutik terasa getar saat tuas gas mulai dipuntir. Bisa jadi penyebabnya adalah V-belt mulai retak/aus.
2. Tarikan skutik terasa berat. Karena V-belt aus, tenaga dari mesin tidak tersalurkan secara sempurna ke roda belakang. Hal ini juga bisa menyebabkan konsumsi BBM semakin boros.
3. Terdapat bunyi kasar pada area CVT.

Jika tiga tanda tersebut mulai muncul, segera lakukan pemeriksaan. Agar kondisi V-belt tetap terjaga begitu juga dengan performa motornya.

Nah, itu dia tips merawat performa motor dengan mengetahui kondisi v-belt motor. Jangan lupa untuk service rutin atau layanan service kunjung dari AHASS terdekat.
Semoga berguna.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*