Seperti ini Kondisi Kampung Umbulan Dsn Sumbersari Supiturang, 10 Bulan Pasca Erupsi Semeru

Wajah pedesaan yang 10 bulan lalu mencekam oleh bencana erupsi Semeru. Supiturang adalah desa di ujung Utara kecamatan Pronojiwo. Sebagian besar mata pencahariannya adalah petani dan penambang pasir.

Kini setelah 10 bulan berlalu, tampak kehidupan masyarakat beraktifitas kembali seperti semula. Kendaraan berat, truk2 pasir memadati lokasi tambang yang terletak di curah Kobokan, kampung Umbulan. Seolah telah terlupakan kejadian 10 bulan lalu.

Namun terlihat berbeda suasana di kampung Umbulan dusun Sumbersari. Lokasi terparah yang di lewati lahar panas Semeru, kini masih tampak sepi. Puing puing bangunan dan rumah kosong tak berpenghuni tampak di sepanjang jalan yang saya lewati. Sesekali terlihat ada beberapa rumah yang masih tampak bagus dan orang duduk2 di depannya. Sepertinya adalah penghuni rumah tersebut yang mungkin masih bertahan.

Terus berjalan hingga ujung barat kampung Umbulan dimana dulu adalah pintu masuk lahar ke perkampungan. Tampak di sekiling lokasi tumbuhan bambu tampak subur begitu juga reumputannya. Seolah tidak pernah terjadi apa2 disana.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*