Begini Cara Kerja Fitur ESS Di New Honda CBR150R

Anangcozz.com – Sobat sekalian, New Honda CBR150R resmi meluncur di Jawa Timur. Seperti yang kita ketahui, New CBR150R kali ini mencoba menghadirkan sensasi baru dengan tampilan dan fitur fitur baru yang lebih canggih, salah satunya adalah fitur ESS (Emergency Stop Signal). Apa itu ESS dan bagaimana cara kerjanya?? Yuk,,..

Fungsi ESS

Fitur baru Emergency Stop Signal (ESS) ada pada CBR150R tipe ABS. Fitur ini berguna untuk menunjang keselamatan pada saat pengereman mendadak. ESS secara otomatis akan mengaktifkan lampu hazard saat rem dioperasikan, sehingga dapat memberikan peringatan ke pengendara di belakang motor untuk menghindari kemungkinan terjadi kecelakaan.

Cara Kerja Fitur ESS

Fitur canggih ESS ini bekerja melalui sensor ABS motor. ESS akan aktif jika:

  1. Kecepatan motor lebih dari 50kpj
  2. Estimasi deselerasi ≥ 2.5 m/s²
  3. ABS cycling information
  4. Tuas rem belakang/depan di operasikan.

Nah, ketika kita melakukan pengereman secara mendadak dengan kecepatan dan deselerasi seperti pada poin 1 dan 2 diatas, maka sensor ABS akan mengirimkan signal dan akan mengaktifkan ESS, dan lampu Hazard akan berkedip.

Tidak Ada Tombol Lampu Hazard

Awalnya saya mengira bahwa ada tombol lampu Hazard di new CBR150R ini. Namun, setelah saya cek ternyata tidak terdapat tombol fisik lampu Hazard di setang CBR150R ini sob, karena lampu Hazard menyatu dengan fitur ESS dan bekerja secara otomatis pada saat pengeraman mendadak saja sob.

Demikian sob, tentang cara kerja fitur keselamatan Emergency Stop Signal (ESS) di new CBR150R.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *