Iklan

Agar Hasil Foto Bagus, Kenali 4 Unsur Dasar Fotografi Ini

Anangcozz.com – Sobat sekalian., melanjutkan artikel sebelumnya terkait acara Workshop Media sosial Movement dan Fotografi bareng MPM Honda Jatim kemarin ya. Kali ini ACB mau sedikit berbagi nih, ilmu yang didapat kepada sobat semua tentang bagaimana meningkatkan kualitas hasil jepretan foto kita. Caranya dengan mengetahui unsur unsur dasar fotografi.

Agar hasil foto kita bagus, paling tidak kita harus menguasai 4 unsur dasar fotografi ini sob. Apa saja itu??

1. Pencahayaan, unsur cahaya di bagi menjadi dua yakni cahaya alami dan buatan. Cahaya alami misalnya matahari, bulan dan bintang sedangkan cahaya buatan bisa lampu, lilin, flash, blitz, obor dan sebagainya. Sebuah foto akan terlihat bagus jika kita mampu mengatur efek dari cahaya terutama arah pencahayaannya. Dengan pencahayaan yang tepat bisa menghasilkan gambar yang jelas, detail dan berkarakter.

2. Efek Gerak, efek gerak memerlukan teknik dan skill karena pengambilan gambar obyek yang bergerak lebih sulit. Teknik yang bisa digunakan seperti panning, yakni dengan menggerakkan tubuh selaras dengan arah gerak obyek. Foto dengan efek gerak terlihat lebih hidup dan mampu memberikan sebuah makna.

3. Fokus, dengan fokus yang baik maka kita dapat mengatur ketajaman gambar, subyek lebih menarik dan lebih penting lagi informasi yang ingin disampaikan lebih terfokus dan rapi.

4. Komposisi, berupa susunan beberapa obyek yang terlihat indah dengan komposisi yang baik. Proporsi, perspektif, warna juga berpengaruh terhadap komposisi.

Nah itu dia, dengan memperhatikan dan menguasai 4 unsur dasar tersebut dipastikan kualitas foto yang kita ambil bakal lebih baik, apalagi ditambah dengan perangkat dan penunjang fotografi yang baik pula.

Saat ini dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat, banyak sekali perangkat fotografi dengan kualitas yang bagus. Tinggal kita padukan saja dengan teknik dasar fotografi diatas,…dan lihat bedanya.

Oke gaes….demikian sedikit tips dari saya semoga berguna.

Iklan

5 responses

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: