Musim Hujan Tiba, Hati Hati Saat Melewati Rel Kereta Api!

Anangcozz.com – Halo gaes…musim hujan sudah mulai mengguyur sebagian besar wilayah di Indonesia. Bagi pengendara sepeda motor, musim hujan menjadi tantangan tersendiri karena kondisi jalanan gak se aman waktu kering. Jalanan menjadi licin dan banyak genangan air yang harus di waspadai. Selain itu, di beberapa ruas jalan yang di lalui rel kereta api juga perlu berhati hati. Karena rel kereta yang terkena air hujan menjadi licin.

Oleh karena itu, bagi biker perlu persiapan dan teknik berkendara selama musim hujan ini agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

Persiapan dan Teknik Berkendara di Musim Hujan diantaranya:

1. Persiapan Jas Hujan
Ini penting untuk melindungi tubuh dari air hujan dan hawa dingin. Sebaiknya gunakan jas hujan dengan model baju dan celana. [Tips Memilih Jas Hujan] Selain terhindar dari basah juga agar lebih flexible dan bisa melindungi tubuh ketika terjatuh.

2. Jaga Jarak
Pada saat berkendara disaat hujan, jarak pandang akan terhalang oleh derasnya hujan sehingga bisa terjadi pengereman secara mendadak yang akan mengakibatkan bertabrakan. Oleh karena itu jaga jarak aman dengan kendaraan di depan kita.

3. Nyalakan Lampu Utama
Pastikan Lampu Motor kita menyala agar mudah terlihat oleh kendaraan didepan kita. Untuk motor baru, saya rasa tidak ada masalah karena sudah dilengkapi fitur lampu otomatis menyala, seperti Fitur AHO (Automatic Headlight On) yang ada di motor Honda.

4. Cek Kondisi Ban.
Segera ganti ban apabila sudah gundul agar tidak mudah Selip ketika berkendara dijalan yang licin dan basah. Cek juga tekanan anginnya.

5. Hindari Melintasi Rel Kereta Api.
Rel kereta api menjadi licin ketika terkena air hujan. Apabila memang harus melewati rel kereta api, yang perlu kita lakukan pertama kali adalah mengurangi kecepatan. Kedua, pastikan melintasi rel kereta tersebut dengan posisi roda memotong rel tegak lurus. Ketiga, hindari penggunaan rem depan. Jangan berkendara dengan posisi roda menyerong karena bisa mengakibatkan motor tergelincir.

6. Tingkatkan Kewaspadaan.
Saat berkendara visibilitas akan menurun ketika hujan.

” Jika hujan semakin deras lebih baik berhenti dan berteduh di tempat yang aman untuk menghindari kecelakaan yang diakibatkan oleh Alam dan lingkungan.” kata Hari Setiawan selaku Instruktur Safety Riding MPM.

Demikian sob, beberapa tips berkendara saat musim hujan dan teknik saat melewati rel kereta api yang basah. Dan jangan lupa untuk tetap mematuhi rambu lalu lintas jalan. Semoga bermanfaat.

Diterbitkan oleh

anangcozz

Newbie blogger, Asli Malang. Suka sekali dunia otomotif terutama roda dua, motoGP pokoknya all about motorcycle..monggo saling berbagi informasi dan persahabatan baik di dunia nyata. Jika ada kritik dan saran yang membangun, bisa digeber kepada saya di, Email: cozanang@gmail.com Terima kasih.

17 tanggapan untuk “Musim Hujan Tiba, Hati Hati Saat Melewati Rel Kereta Api!”

  1. Iyaa, berbahaya jika melewatinya searah dengan posisi besi rel kereta api. apalagi jika besinya tertutup genangan air hujan.!
    Berdoa dan ekstra waspada saja ketika melewati perlintasan rel kereta api!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.