Tips Aman dan Nyaman Saat Motoran, Kenali Postur Berkendara Yang Benar Sob!

Assalamualaikum sobat anangcozz.com – Sesi kedua
materi edukasi Blogger & Vlogger #Cari_Aman Cempetition oleh MPM Honda Jatim rampung di selenggarakan secara daring via Zoom pada hari Sabtu, 13 Maret 2021. Tema materi edukasi pada sesi kedua adalah “Riding Position” yang disampaikan oleh Ahmad Hilmy, instruktur safety riding bersertifikat AHM.

Salah satu sub bab yang di bahas di sesi kedua ini adalah tentang SAFETY & COMFORT RIDING dan POSTUR BERKENDARA YANG BENAR.

Pada umumnya, sepeda motor memiliki posisi berkendara yang berbeda sesuai dengan jenis kendaraannya baik itu Sport Bike, City Bike atau Touring. Tentunya masing masing jenis motor tersebut memiliki karakter riding position yang berbeda. Namun demikian, apapun jenis motornya yang terpenting adalah bagaimana cara kita berkendara yang aman dan nyaman dengan mengenali postur berkendara yang benar.

7 POSTUR BERKENDARA

1. Mata. Sudah kita bahas di sesi sebelumnya peran mata dalam sebagai “Danger Prediction”. Maka dari itu saat berkendara mata harus fokus dan konsentrasi dengan pandangan yang senantiasa berpindah dari berbagai arah. Maksudnya selalu mengecek kondisi sekitar kita, depan, samping dan sesekali menengok spion untuk melihat belakang. Dan arah pandangan jauh kedepan untuk antisipasi jika ada bahaya.

2. Pundak. Pundak rileks dan tegap. Jangan biarkan pundak dalam posisi kaku sehingga mengganggu pergerakan kita saat berkendara.

3. Siku. Siku harus membentuk sudut lebih dari 90 derajat. Jangan lurus atau terlalu nekuk, karena itu akan menyulitkan pergerakan kita. Fungsi Siku membentuk sudut adalah sebagai suspensi agar lebih rileks dan memudahkan saat kita bermanuver atau saat melewati jalan tidak rata.

4. Tangan. Telapak tangan menggenggam erat grip kemudi, jari jangan ada yang standby di tuas rem dan tentunya harus tetap rileks.

5. Pinggul. Posisi pinggul sempurna pada jok dan posisikan mengikuti kontur jok. Jangan miring atau tidak lurus dengan jok.

6. Lutut. Posisi rileks, sejalan dengan pijakan kaki, posisi sempurna dalam legshield motor untuk skutik dan bebek. Sedangkan untuk motor sport posisi lutut rapat dengan tangki BBM.

7. Kaki. Posisi kaki rileks menapak sempurna pada pijakan. Untuk motor bebek dan sport, posisikan sempurna ujung kaki kanan diatas tuas rem belakang dan kaki kiri untuk memindah gigi dengan rileks.

Nah, itu dia sob beberapa postur berkendara yang benar. Dengan postur berkendara yang benar akan membuat tubuh kita lebih rileks dan gak mudah capek saat berkendara sehingga kita akan jauh lebih nyaman diatas motor kita. Alhasil, dengan kondisi tubuh rileks dan nyaman ini bisa meminimalisir bahaya di jalan dan juga cedera akibat salah posisi saat berkendara.

Diterbitkan oleh

anangcozz

Newbie blogger, Asli Malang. Suka sekali dunia otomotif terutama roda dua, motoGP pokoknya all about motorcycle..monggo saling berbagi informasi dan persahabatan baik di dunia nyata. Jika ada kritik dan saran yang membangun, bisa digeber kepada saya di, Email: cozanang@gmail.com Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.