Usai Mudik, Periksa Kondisi Motor Terutama Di Bagian Part Ini!

Setelah mudik atau perjalanan jauh, perlu ada pengecekan motor agar performanya tetap prima dan sehat saat digunakan sehari-hari. Berikut ini adalah bagian paling penting untuk dilakukan pengecekan.

Assalamualaikum sobat anangcozz.com – Libur lebaran menjadi momentum yang dimanfaatkan oleh masyarakat untuk sekedar bersilaturahmi ke rumah keluarga. Tidak sedikit pemudik yang menggunakan sepeda motor untuk melakukan kegiatan touring atau pergi ke tempat rekreasi. Setelah menempuh perjalanan jauh, ada baiknya jika pengendara memeriksa kembali kondisi kendaraan yang digunakan.

Ilham Wahyudi, General Manager Service & Sparepart PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ) menuturkan, “Setelah perjalanan jauh, perlu ada pengecekan agar motor kembali prima saat digunakan sehari-hari. Khususnya bagi pemotor yang memang menempuh perjalanan jarak jauh, sehingga motor dibuat bekerja lebih ekstra,” tuturnya.

Adapun hal yang harus diperhatikan oleh pemotor adalah sebagai berikut :

1. Cek kondisi oli
Pada dipstick, jumlah oli yang ideal berada di antara batas maksimal dan batas minimal. Periksa warna oli, jika warna oli menjadi hitam segera lakukan pergantian oli.

2. Cek ketebalan kampas rem
Perjalanan jauh dan melewati kemacetan butuh banyak pengereman. Oleh karena itu, pengendara wajib melakukan pengecekan jarak bebas tuas rem dan  pengecekan ketebalan kampas rem.

3. Cek ketebalan alur ban
Ban yang alur-nya mulai menipis akan kehilangan daya cengkeram. Segera ganti ban jika sudah terlihat Tread Wear Indicator (TWI) pada ban sepeda motor pengguna.

Pastikan untuk membawa kendaraan anda ke bengkel resmi Yamaha. Serta menggunakan produk original dari Yamaha.

Informasi terkait bengkel Yamaha dapat menghubungi CS Yamaha STSJ di 08228 – 7777 – 898. Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*