Turing Lintas Merdeka 2023, Menggali Sejarah Rumah Masa Kecil Presiden Soekarno

Assalamu’alaikum sobat anangcozz.com – Masih dalam suasana Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 78, MPM Honda Jatim mengajak blogger vlogger Jatim Turing Lintas Merdeka. Dalam Turing kali ini di pilih jalur On-Off road dengan menggunakan motor CRF150L.

Turing dilaksanakan selama dua hari yakni 19-20 Agustus 2023 dengan finish di Puncak Jowin, Tulungagung. Rute yang dilalui adalah start dari Motoeast Java di Malang Kota bertolak melewati Batu, Pujon, Ngantang, Selorejo, dan istirahat pertama di Dalem Pojok Soekarno di Wates, Kediri.

Jalur di etape pertama ini lebih banyak On road nya sih. Jalan offroad nya ada di sekitar Selorejo dan perkampungan sebelum Wates, Kediri. Cuaca kering membuat jalanan berdebu dan licin terutama saat melewati jalan berpasir dan begelombang. Memasuki hutan karet di desa Puncu, rombongan sempat terpisah. Disini jalurnya lumayan menantang dengan di kelilingi hutan karet.

Sekitar pukul 13.00 rombongan sampai di situs sejarah Pojok Ndalem Soekarno, kita istirahat dan makan siang disana. Pojok Ndalem Soekarno adalah rumah bersejarah tempat masa kecil Presiden pertama Indonesia ini yang waktu itu masih bernama Koesno. Nama Soekarno sendiri di berikan oleh RM Soemosewoyo pemilik rumah sekaligus yang mengobati Soekarno kecil yang sering sakit. Kemudian RM Soemosewoyo mengangkat Soekarno menjadi anaknya.

Pojok Ndalem sampai saat ini masih terawat dan menjadi cagar budaya Indonesia. Pondasi, tiang tiang, dan dinding dari anyaman bambu masih asli hingga sekarang. Beberapa barang peninggalan Soekarno seperti kursi, kamar tidur, foto lawas, lukisan dan beberapa piagam penghargaan masih terawat disini. Di sebelah pojok Ndalem ada beberapa bangunan lain seperti pendopo dan juga mushola.

Sekitar satu jam kita istirahat sholat dan makan di sini. Sebelum lanjut lagi ke destinasi Turing lintas Merdeka di Puncak Jowin, Tulungagung.

Tim kluyur : Mas Novan (HC3 MPM Honda Jatim), Ridertua, motogokil, atasaspal, potretbikers, motomaxone, ndeso94, cicakkreatip, ammotovlog, mojhovb, anshori, tim Motoeast Java.

#mpmhondajatim #mpminsurance #touringlintasmerdeka2023

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*