Honda XRE Sahara 300, Kembaran Transalp Versi Mini!

Assalamualaikum sobat anangcozz.com – Ngomongin soal motor adventure, Honda Brazil baru saja memperkenalkan motor baru bernama XRE 300 Sahara. Ada embel2 Sahara di belakang, mungkin ada kaitannya dengan balap Dakar yang biasa diadakan disana. Yap…desainnya memang ada aura motor Dakar sob seperti Africa Twin atau mini Transalp.

Honda XRE 300 Sahara memiliki desain fisik, teknologi baru dan paket yang sangat menarik, di segmennya. Bagian depannya menjulang tinggi, suspensi depan panjang jenis teleskopik, lampu depan dan belakang LED, dan visor. Bagian belakang di bekali swingarm kotak biasa dan suspensi belakang monoshock yang bisa di atur kekerasannya.

Mesin dari Honda Sahara 300 ini adalah mesin silinder tunggal 293,5 cm³ dengan pendingin udara yang identik dengan mesin CB300F Twister. Namun tentunya ada perbedaan baik dari mapping ECU, Outputnya dan juga karakter mesinnya dengan box filter yang lebih besar. Tangki bahan bakar dengan kapasitas lumayan besar yakni 13,8 liter untuk bekal berjelajah.

Mesin XRE 300 Sahara menghasilkan tenaga maksimum 25,2 hp dan torsi maksimum 26,8 Nm. Mesin ini juga sudah lebih modern dengan gearbox enam kecepatan dan Assist n Slipper Clutch untuk performa lebih menyenangkan.

Fitur Honda Sahara 300 yang gak kalah keren adalah spedometer Full digital dengan layar LCD. Dilengkapi juga dengan soket USB untuk mengisi daya perangkat seluler di saat darurat. Ada fitur ESS juga yang bisa mengaktifkan lampu sein bersamaan saat pengereman darurat.

Di bagian kaki2, Velg depan berukuran 21 inci dan belakang ukuran 18 inci. Ban tubeless merek Metzeler Karoo Street 90/90-21 di depan dan 120/80-18 di belakang. Sistem pengereman menggunakan cakram depan belakang dan Dual Channel ABS.

Honda akan menawarkan XRE 300 Sahara baru dalam tiga versi yakni Standard, Adventure dan Rally. Hmmm….desainnya Joss Tenan nih untuk kategori motor penjelajah. Namun sayang, di tanah air masih belum ada tanda2 kayaknya. Adanya Transalp 700 yang secara harga dan kapasitas mesinnya belum terjangkau hehehe.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*