Bagaimana Jika Remote Keyless Motor Hilang? Ini Solusinya Sob

Solusi hemat jika remote motor hilang, bisa untuk merek Honda Yamaha dan Suzuki dengan membuat ID remote baru.

Anangcozz.com – Assalamu’alaikum sobat, zaman now teknologi smart key (keyless) sudah banyak dipakai oleh pabrikan roda dua di Indonesia. Kerja smart key ini sangat menarik, tanpa anak kunci, pemilik motor cukup mendekatkan remote ke motor, motor sudah bisa dinyalakan. Namun, dengan kecanggihannya tersebut bagaimana jika remote hilang?

Ketika remote hilang, otomatis motor tidak bisa dinyalakan, meski knob (kunci utama) di bobol pakai kunci “T” sekalipun. Terus ada nggak Solusi Jika Remote Motor Hilang? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan pemilik motor terutama untuk merek Honda, Yamaha dan Suzuki. Simak caranya dibawah ini.

1. Jika remote hilang tetapi ID/Barcode masih ada
Jika remote saja yang hilang dan barcode tag atau ID remote masih disimpan, maka pemilik motor masih bisa bernafas lega, pemilik motor cukup membeli remote baru ke dealer resmi, remote baru tersebut langsung bisa dikoneksikan ke motor menggunakan ID remote yang masih disimpan tadi. Cara mengkoneksikannya lebih mudahnya di bawa ke bengkel resmi terdekat.

2. Jika remote & Barcode ID/Barcode Hilang
Ini yang menjadi masalah besar. Remote hilang, number ID/ Barcode tag remote juga hilang. Untuk solusi supaya motor bisa dinyalakan kembali ada dua. Pertama, mengganti perangkat Smart Key komplit (assy). Kedua, pilih alternatif murahnya yakni dibuatkan ID remote baru.

Jika kita ganti sparepart smart key komplit minimal kita siapkan uang Rp. 3 jutaan untuk membeli sparepart yaitu Remote, SCU/Receiver dan ECU. Tiap motor beda beda harga sparepartnya, bisa lebih dari 3 juta. Sedangkan untuk alternatif dengan membuatkan ID baru, pemilik motor cukup siapkan dana Rp 750 ribu saja. Jomplang banget kan? Itu karena pembuatan ID tidak perlu mengganti ECU dan Receiver/SCU. Cukup memakai sparepart bawaan motor saja.

Bagaimana Cara membuat ID Baru?
Untuk pembuatan ID baru saya bisa membantu. Pembuatan ID baru ini simpel dan mudah, tanpa beli sparepart komplit, pemilik motor cukup mengirim ECU dan SCU/Receiver saja (Gbr. Diatas). Atau kalau rumahnya satu kota dengan saya, bisa langsung merapat ke workshop.

Berapa lama pengerjaannya? Pengerjaan pembuatan ID baru kalau tidak ada kendala cukup membutuhkan waktu satu hari kerja saja. Jadi konsumen tidak perlu menunggu lama lama. Selesai dikerjakan langsung dikirim balik, dan sesudah sampai konsumen bisa memasang di motor tanpa adanya setting setting apapun lagi.

Rumah saya jauh? Gampang, pembuatan ID baru tidak wajib ada motor, kita cukup melepas ECU dan Receiver/SCU di motor, setelah itu kirim ke saya pakai jasa pengiriman yang terdekat dengan rumah seperti JNE, J&T, Wahana, Kantor POS dan lain sebagainya. Syukur kalau rumahnya dekat, bisa langsung datang ke workshop atau bisa minta service kunjung ke rumah.

Apakah setelah dibuatkan ID perlu setting setting? Saya paham banget jika setting setting smart key (remote) buat pemilik motor tidak mudah, makanya setiap pembuatan ID baru sudah kami atur sedemikian rupa, sehingga pemilik motor tidak perlu setting setting lagi. Cukup pasang sparepart di motor, dan nyalakan motor seperti biasanya. Sekali lagi, pemilik motor terima beres.

Bagaimana proses pembayarannya? Proses pembayaran bisa melalui transfer, dan perlu di ingat, proses pembayaran bisa dilakukan jika kami sudah berhasil membuatkan ID remote baru. Jadi, jika tidak berhasil dalam pembuatan ID baru, maka konsumen tidak perlu membayar sepeser pun.

Itulah Solusi Jika Remote Motor Yamaha, Honda, Suzuki Hilang? Cara yang dijelaskan diatas merupakan cara yang sering diterapkan di bengkel. Ada cara SOP ala bengkel resmi dan ada cara alternatif jika pemilik motor mau lebih hemat. Mungkin itu saja yang bisa saya share, jika butuh pembuatan ID baru bisa langsung Whatsapp saya dengan klik banner dibawah, saya dan tim akan membantu kendala yang Anda alami.

Terima kasih.

Diterbitkan oleh

anangcozz

Newbie blogger, Asli Malang. Suka sekali dunia otomotif terutama roda dua, motoGP pokoknya all about motorcycle..monggo saling berbagi informasi dan persahabatan baik di dunia nyata. Jika ada kritik dan saran yang membangun, bisa digeber kepada saya di, Email: cozanang@gmail.com Terima kasih.