Bisakah Quick Shifter CBR250RR SP QS Dipasang Di CBR250RR Lama?

Anangcozz.com – Assalamualaikum sobat, kali ini ane mau share tentang bedah teknologi Honda CBR250RR SP QS yang diadakan oleh MPM Honda Jatim beberapa waktu lalu bersama blogger Jatim. Acaranya sendiri dikemas melalui daring via Zoom dengan narasumber bapak Widijanto bagian teknis di MPM Honda Jatim.

Acara dibuka oleh Bapak M. Bondan Priyoadi selaku manager HC3 dengan memberikan sambutan dan harapan kepada rekan blogger bisa mengambil informasi dan membagikan dengan pembaca. Nah, sesuai tema bahasan, dalam meeting kali ini isi materi lebih detail membahas tentang teknologi Quick Shifter dan Slippery Clutch. Dua fitur unggulan yang mampu menunjang performa mesin CBR250RR yang lebih beringas.

Quick Shifter berfungsi mengoptimalkan perpindahan gigi sehingga mengurangi kemungkinan motor kehilangan tenaga saat berakselerasi dan penggantian gigi tanpa menarik tuas kopling, sehingga pengedaranya dapat lebih fokus dalam menikmati manuver yang akan dilakukan. Fitur yang sangat identik dengan motor balap seperti di MotoGP, berkat Quick Shifter pengendara juga dapat menikmati akselerasi yang lebih responsif karena tidak ada jeda waktu saat memindahkan gigi.

Terdapat 4 mode Quick Shifter yang dapat disesuaikan yaitu mode yang mengaktifkan Quick Shifter untuk menaikkan dan menurunkan gigi, untuk menaikkan gigi saja, untuk menurunkan gigi saja dan mode Quick Shifter off. Semua mode Quick Shifter yang dihadirkan dapat mengikuti keinginan berkendara sesuai dengan DNA Total Control yang diusungnya.

Cara mengganti mode quick shifter adalah dengan memencet lama tombol mode sampai indikator ‘QS’ di panel meter berkedip-kedip. Dan begitu kontak on maka indikator pengaturan terakhir yang akan muncul di spedometer. Piranti quick shifter bisa dipakai terus menerus tanpa takut rusak. Honda sudah melakukan riset agar biker bisa memakai quick shifter sebebas mungkin.

Sementara itu, Assist/Slipper Clutch berfungsi untuk mencegah ban belakang selip yang disebabkan oleh engine brake saat penurunan gigi secara ekstrim, sehingga menambah kenyamanan berkendara. Melalui pengaplikasian fitur ini, pengendara dapat merasakan pengoperasian kopling yang lebih ringan. Kabar bagusnya buat owner saat ini, assist and slippery clutch bisa diaplikasikan ke CBR250RR current dengan mengganti rumah kopling secara utuh sob. Pemasangannya pun tinggal plug and play, kata pak Widijanto.

Lalu bagaimana dengan Quick Shifter? Apakah bisa diaplikasikan ke CBR250RR lama? Sayang sekali sob, untuk yang satu ini tidak bisa sob, karena perlu banyak penyesuaian mulai dari piranti keras dan lunaknya.

Honda CBR250RR SP Quick shifter ini tersedia 3 warna pilihan yakni racing red, bravery black red dan garuda samurai x. Honda membanderol CBR250RR SP Quick shifter mulai Rp 76.700.000 OTR Jakarta. Honda CBR250RR SP QS spesial Garuda X Rp 77.700.000.
Semoga bermanfaat.

Diterbitkan oleh

anangcozz

Newbie blogger, Asli Malang. Suka sekali dunia otomotif terutama roda dua, motoGP pokoknya all about motorcycle..monggo saling berbagi informasi dan persahabatan baik di dunia nyata. Jika ada kritik dan saran yang membangun, bisa digeber kepada saya di, Email: cozanang@gmail.com Terima kasih.