Honda Genio, Lama Lama Makin Suka!

Assalamualaikum sobat anangcozz.com – Tak terasa sudah hampir 1,5 tahun kebersamaan bareng Honda Genio 110 yang selalu menemani setiap aktivitas ACB selama ini. Alasan pertama dulu memilih Genio ini karena desain dan harga yang ramah membuat saya memutuskan untuk meminang skutik Honda yang katanya ada kemiripan dengan skutik merek Italia gitu…hehehe.

Seiring waktu berjalan, mesin 110cc generasi terbaru Honda di Genio ini memang beda karakternya dari mesin sebelumnya. Merubah konfigurasi mesin square ke overstroke memang ada kelebihan dan kekurangan. Lebihnya di tarikan awal, tapi sedikit kurang di putaran atasnya. Alhasil, setiap kali melibas tanjakan saya sedikit was was karena tenaga motor terasa ngedrop. Ditambah lagi, di desa saya kontur jalannya berbukit, banyak tanjakan terjal yang harus dilewati.

Perasaan kurang pede itu memang sempat saya rasakan di awal awal pakai Genio ini sob. Tapi benar apa kata pepatah, “tak kenal maka tak sayang” atau pepatah jowo “witing tresno jalaran soko kulino“. Setelah berhari hari, pekan demi pekan, naik turun bukit yang terjal, akhirnya saya jadi mulai mengerti dan memahami karakter motor harus saya ini. Kekhawatiran selama ini sudah gak ada lagi karena saya tahu, si Genio ini punya NOS tersembunyi.

Seorang subkreber di channel YT saya membenarkan akan hal itu. Bahwa si Genio ini memiliki tenaga terpendam alias NOS yang akan muncul otomatis di saat kritis. Ketika kita melibas tanjakan terjal, kecepatan motor mulai melemah, tapi begitu sudah di bawah 20kpj, kita akan merasakan ada dorongan tambahan yang membuat motor ngacir lagi di kecepatan diatas 20kpj.

Dari pengalaman berkendara bersama Genio ini, kini saya sudah gak ada was was lagi soal performanya sob. Naik turun bukit di daerah Malang Selatan sudah biasa dan gak ada masalah sama sekali. Bahkan kini jadi berbalik lebih suka karakter mesin baru ini ketimbang yang lama sob.

Tarikannya responsif, lebih enteng dan lincah, terlebih lagi sangat irit bahan bakar….ini “koentjinya”!
Wes overall, pokoke selama 1,5 tahun ini…terbaiklah si Genio ini. Mesin bandel, rangka eSAF nya juga sangat kokoh. Intinya kenali motormu,…!!

Untuk review harian bisa sampean lihat di channel YT saya Anang Cozz dan Djarno Channel.

Demikian semoga bermanfaat.

Diterbitkan oleh

anangcozz

Newbie blogger, Asli Malang. Suka sekali dunia otomotif terutama roda dua, motoGP pokoknya all about motorcycle..monggo saling berbagi informasi dan persahabatan baik di dunia nyata. Jika ada kritik dan saran yang membangun, bisa digeber kepada saya di, Email: cozanang@gmail.com Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.