Tips Merawat Motor Di Musim Hujan Ala Yamaha

Musim hujan akan segera tiba. Berikut adalah tips perawatan motor oleh Yamaha STSJ yang bisa kamu terapkan agar motormu tetap fit dan performa nya gak kendor.

Assalamualaikum sobat anangcozz.com – Memasuki musim penghujan, para pemilik sepeda motor wajib tahu. Selain merawat exterior atau bagian luar dari sepeda motor, bagian mesin motor pun harus diberikan perhatian ekstra. Mengingat air hujan bisa masuk ke dalam mesin motor dan mengurangi performa motor.

Maka dari itu, PT. Surya Timur Sakti Jatim atau Yamaha STSJ memberikan tips agar performa motor tetap optimal saat menjalani kegiatan di musim hujan.

Dwi Suwanto selaku instruktur service Yamaha STSJ menyatakan, “Bukan hanya body luar saja yang perlu perhatian ekstra saat musim hujan. Terkadang banyak pemilik motor yang mengira musim hujan tidak mempengaruhi performa mesin. Justru ini saatnya motor diberikan perhatian lebih untuk perawatan,” jelasnya.

Simak tips-tips dari Yamaha STSJ berikut ini untuk menjaga kondisi motor agar tetap dalam performa terbaik.

1. Cuci motor
Usahakan untuk mencuci sepeda motor setelah terkena air hujan. Kandungan zat asam pada air hujan dapat mengurangi kilau pada cat bodi motor. Jika tidak ada waktu, pemilik motor bisa membilas motor bodi dan bagian-bagian penting lainnya dengan air bersih dan mengeringkan dengan kanebo. Hal ini juga bermanfaat untuk mencegah timbulnya karat pada motor.

2. Cek kondisi rantai motor
Baik terkena siraman air hujan atau genangan air, pemilik motor harus memeriksa keadaan dan kondisi rantai motor. Kandungan asam dalam air hujan dapat mempercepat proses korosi pada rantai motor dan mempengaruhi kinerja serta performa dari rantai. Beri pelumas pada rantai untuk menjaga tingkat kekakuan pada
rantai motor.

3. Periksa kondisi rem motor
Selain rantai motor, elemen-elemen rem juga harus diperhatikan kondisinya saat musim hujan. Bersihkan sela-sela rem saat berkendara di musim hujan agar tidak ada kotoran yang tersimpan di celahnya. Kotoran yang tersimpan di celah rem dapat memperpendek usia pakai rem tersebut.

4. Periksa Tekanan ban motor
Tekanan ban yang dibutuhkan saat berkendara di musim panas dan hujan tidak sama. Pastikan ban motor sudah terisi dengan tekanan yang sesuai. Jangan sampai tekanan angin ban berlebih atau kurang, hal tersebut dapat mempengaruhi kestabilan pengendalian dan kenyamanan berkendara.

Bagi pemilik motor yang ingin memastikan kondisi kendaraan tetap prima, disarankan untuk datang ke bengkel resmi Yamaha untuk melakukan servis rutin. Dapatkan berjuta keuntungan dengan gebyar undiah berhadiah saat melakukan servis rutin di bengkel SIP Yamaha.

Daftar bengkel resmi di area terdekat dapat diakses melalui website resmi Yamaha STSJ
www.yamaha-jatim.co.id atau dapat menghubungi CS Yamaha STSJ di 08228 – 7777- 898. Untuk informasi lebih lengkap mengenai Yamaha Jatim dapat mengikuti @yamahafriends di
Instagram.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *