KOPDAR MPM Honda Jatim Dan Jatimotoblog, Sharing Covid-19 Bersama Dokter RS Bokor

Kopi daring COVID-19 Jatimotoblog bersama MPM Honda Jatim dengan narasumber Dokter dari Rumah Sakit Bokor, Turen Jatim.

Anangcozz.com – Assalamualaikum sobat, di saat pandemi seperti ini memang tidak mungkin kita untuk melakukan kumpul kumpul komunitas seperti kopdar misalnya. Tapi kalau kopdar nya secara online alias Kopi Daring tentu tidak masalah bukan?? Hehehe…itu yang baru kita adakan kemarin sob.

Jadi, pada hari Ahad 19 April 2020 kemarin, MPM Honda Jatim selaku distributor sepeda motor wilayah Jatim dan NTT mengundang kita dari komunitas Jatimotoblog untuk join bersama dalam acara Kopi Daring ini dengan narasumber dr. Vanni Putri Pratiwi, dokter internship di RS Bokor Turen dan Mas Rilo Winata, seorang Perawat Pelaksana R.Isolasi di RSI UNISMA Malang. Kopi Daring ini mengusung tema “Sharing Bareng Garda Terdepan Melawan Covid-19”.

Sebagai sarana interaksi tatap muka secara online, kita menggunakan aplikasi Zoom yang lagi booming. Aplikasi ini sangat fleksibel karena bisa di gunakan melalui PC dan smartphone. Sehingga memudahkan kita untuk tetap terhubung, ngobrol dan diskusi bersama teman teman dan juga narasumber di acara Kopdar ini.

M. Bondan Priyoadi selaku manajer HC3 MPM Distributor mengatakan dalam sambutannya, “Kami berharap teman-teman bisa mengikuti kopdar Covid-19 ini terutama bagaimana tips menjaga kebersihan motor dan apparelnya sehingga mampu memberikan informasi terhadap pembaca dan orang sekitarnya.”

Beberapa informasi penting yang saya rangkum dari kopdar ini diantaranya adalah:

  • Virus ini awalnya ditemukan di China pada akhir Desember 2019, selanjutnya pada tanggal 11 Februari 2020, WHO memberi nama virus baru tersebut Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus-2 (SARS-CoV-2) dan nama penyakitnya sebagai Coronavirus disease 2019 (COVID-19).
  • Covid-19 ini menyebar melalui droplet atau percikan air liur. Jadi anjuran pemerintah untuk di rumah saja dan menghindari kerumunan itu memang benar adanya. Selain memakai masker anda juga disarankan menjaga jarak dari 1 hingga 2 meteran.
  • Masker untuk melawan Covid-19 ini dibedakan atas 3 jenis berdasarkan bahannya. Untuk tenaga medis dan pasien confirm, yang dipakai masker ijo-ijo ala masker bedah itu. Nah, untuk orang yang sehat, sebenarnya memakai masker kain saja sudah cukup. Masker berbahan katun saja sebenarnya sudah bisa melindungi. Indikatornya selama kita tidak bisa meniup lilin hingga mati saat mulut kita dipakaikan masker, ya itu sudah aman. Sementara untuk perawat/nakes yang langsung menangani pasienn Covid-19 mereka harus pakai masker jenis N95.
  • Waktu berjemur paling baik menurut dr. Putri dan mas Rilo adalah mulai pukul 09.00 hingga 10.00 pagi. Sementara sore hari mulai jam 15.00-16.00. Tujuan berjemur sendiri sebenarnya bukan mematikan virus. Tapi meningkatkan imunitas tubuh kita sehingga kita akan lebih kebal terhadap virus.
  • Kalau imun kita bagus, virus akan dengan sendirinya mati setelah 14 hari. Adapun kasus-kasus pasien confirm yang meninggal adalah rerata pasien yang memang sudah membawa penyakit cronis sebelumnya.
  • Bagi yang suka bermotor disarankan jangan berkendara sepeda motor dengan jarak yang terlalu jauh. Kalaupun harus beraktifitas dengan mengendarai sepeda motor disarankan juga untuk rutin membersihkan bagian-bagian yang sering terkena sentuhan. Seperti handgrip, jok, behel, tangki dan spion. Selain bagian motor yang harus rutin dibersihkan usahakan juga untuk langsung mencuci apparel. Jaket, sarung tangan, atau helm. Sebisa mungkin juga rutin untuk dibersihkan.
  • Mengenai virus di jenazah, pihak rumah sakit sudah melaksanakan SOP bagaimana menangani jenazah Covid-19. Standarnya adalah bungkus yang berlapis-lapis hingga memasukkan jenazah ke dalam peti. Dengan tindakan standar WHO ini, maka tidak memungkinkan virus menyebar dari droplet si jenazah. Virus Covid-19 memang tak langsung mati begitu penderitanya meninggal. Namun beberapa jam kemudian si virus juga akan mati dengan sendirinya. Karena sifat virus yang menempel ke inang sebagai sumbernya. Jika si inang mati maka otomatis virus juga ikut mati.
  • Covid-19 sendiri kini punya 5 gejala berbeda. Mulai dari batuk ringan, sesak nafas, bersin dan batuk, hingga sesak nafas akut.
  • Selalu konsumsi makanan bergizi. Mulai dari karbohidrat, protein hingga zat besi dari sayuran. Batasi konsumsi gula dan lemak jenuh, misalnya gorengan, kue, makanan cepat saji, makanan beku. Jika harus mengkonsumsi kafein, minumlah kopi sekitar pukul 9-11 siang. Waktu terbaik mengkonsumsi kafein agar tidak mengganggu siklus tidur di malam hari. Kalau memang dirasa perlu kita juga dianjurkan mengkonsumsi vitamin C atau ditambah vit. B complex. Terakhir, jangan lupa berkeringat, berolahraga dan perbanyak minum air putih.
  • Menjaga imun tubuh sebaik mungkin.
  • Jangan panik dan jangan lupa bahagia. Sebab dengan berbahagia maka tubuh akan memompa enzim endorfin yang sangat penting bagi kekebalan tubuh.

Demikian sob Kopi Daring kita bersama MPM Honda Jatim. Bersama kita menjadi garda terdepan melawan Covid-19…! Semoga bermanfaat.

Diterbitkan oleh

anangcozz

Newbie blogger, Asli Malang. Suka sekali dunia otomotif terutama roda dua, motoGP pokoknya all about motorcycle..monggo saling berbagi informasi dan persahabatan baik di dunia nyata. Jika ada kritik dan saran yang membangun, bisa digeber kepada saya di, Email: cozanang@gmail.com Terima kasih.